VARIABEL PHP

Jumat, 06 April 2012


Variabel adalah sebuah kontainer untuk data. Saat data telah di setor kedalam sebuah variabel (data telah ditetapkan sebagai nilai variabel), data tersebut bisa diubah, ditampilkan pada web browser, disimpan di database, di-emailkan, dan banyak kegunaan lainnya. Anda dapat memasukkan data ke dalam variabel, mendapatkan kembali data tersebut, memasukkan data baru, dan melakukan hal teresebut berulang ulang sesuai kebutuhan anda. Tapi untuk diketahui, data tersebut hanya akan ada sebagai nilai selama terjadi eksekusi script pada server. Setelah halaman ditutup lalu dibuka kembali, bisa saja data pada halaman browser telah berubah.
untuk membuat suatu variabel ada beberapa peraturan yaitu :

  • semua variabel dilambangkan dengan lambang dollar ($)
  • nama yang mengikuti tanda dollar harus dimulai dengan huruh "A-Z" baik itu kapital maupun tidak, atau dengan garis bawah ( _ ), dan tidak bisa dimulai dengan angka
  • selanjutnya bisa dikombinasikan sesuai dengan keinginan anda, tapi tidak boleh menggunakan titik atau period lainnya
  • setiap variabel harus memiliki nama yang unik
  • nama variabel tidak boleh memiliki nama yang sama dengan nama fungsi PHP
  • nama variabel adalah case-sensitive. Yang artinya perbedaan huruf besar dan kecil antara dua konstruksi nama variabel akan diartikan berbeda. Sehingga kesalahan penulisan huruf besar atau kecil dari nama sebuah variabel bisa menampilkan pesan error pada web browser yang artinya data tidak terbaca.

Jenis-jenis Variabel

a. Numbers (Angka)
PHP membagi angka kedalam dua tipe: Integer dan floating-point (double). Integer digunakan untuk seluruh angka pada umumnya. Bisa berarti positif atau negatif, tapi tidak  berlaku untuk pecahan ataupun desimal. Sebaliknya floating-point digunakan untuk angka desimal (bahkan untuk 1,0 sekalipun). Sedangkan untuk pecahan, anda tidak punya pilihan lain selain tentunya mengubah pecahan tersebut menjadi desimal.

b. Strings
String adalah semua jenis karakter yang dilampirkan di dalam sepasang tanda kutip (') atau dua kutip (").  String memuat semua jenis kombinasi huruf, nomor, simbol, spasi, bahkan variabel. Sehingga penulisan variabel angka yang salah dapat dibenarkan dalam script dengan memasukkannya dalam sepasang tanda kutip (atau dua kutip).
Singkatnya, untuk membuat string, cukup dengan membungkus sesuatu dengan tanda kutip. Namun, itu hanya berlaku pada script, dan tanda kutip itu tidak akan terbca pada halaman web. Sehingga untuk suatu keperluan yang mengharuskan tanda kutip tersebut terbaca dan tidak dianggap sebagai suatu perintah oleh mesin PHP, anda dapat menambahkan tanda backslash (\) sebelum tanda kutipnya. Backslash memberi tanda kepada PHP bahwa tanda kutip tersebut adalah bagian dari string.
contoh :


c. Arrays (aturan)
Array dapat diartikan sebagai sebuah daftar atau tabel dari sebuah nilai: dimana anda dapat memasukkan berbagai string dan atau angka ke dalam suatu array. Array menggunakan kunci (biasa disebut index) untuk membuat dan mendapatkan kembali nilai yang mereka masukkan. Berbeda dengan array apada program lain, struktur array pada PHP sangat fleksibel karena dapat digunakan untuk angka juga string sebagai kunci dan nilai.
PHP memiliki dua jenis array berdasarkan format kuncinya. Array yang menggunakan angka sebagai kunci disebut Indexed Array. Dan yang menggunakan strign sebagai kunci disebut Associative Array. Selain itu nilai dari array bisa dalam bentuk variabel apapun (angka, string, dll)
associative array
indexed array


Nilai Variabel
Untuk memberikan nilai pada suatu variabel, tanpa memperhatikan tipe variabel tersebut, anda menggunakan tanda sama dengan (=). 

Lalu untuk menampilkan nilai variabel pada web browser, menggunakan perintah print. Jika anda ingin menampilkan nilai variabel yang berhubungan, anda dapat meletakkan nama variabel dalam string. Saat nilai variabel berubah, maka isi dari string juga akan berubah.
contoh :


Untuk diingat, pembacaan nilai variabel pada web browser akan sangat terpengaruh oleh penggunaan single dan double quote pada penulisan script saat variabel akan ditampilkan menggunakan fungsi print. Dengan menggunakan single quote, data yang tampil pada web browser adalah nama variabelnya dan bukan nilainya, berbeda dengan penggunaan double quote yang hanya akan menampilkan nilainya:


0 comments :

Posting Komentar