USING NUMBERS

Jumat, 13 April 2012


Number atau angka adalah salah satu jenis variabel yang tediri atas integer (semua angka pada umumnya) dan floating number/dobel (angka desimal)
contoh menggunakan script dasar HTML yang disimpan dengan nama kalkulator.php :



Menampilkan Aritmatika
Seperti yang telah kita ketahui, matematika dasar tidak pernah terlepas dari penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian. Pada PHP, akan diinisialkan sebagai berikut :
- Penjumlahan (+)
- Pengurangan (-)
- Perkalian (*)
- Pembagian (/)
Untuk menggunakan operator di atas, anda akan membuat skrip PHP yang dapat mengkalkulasi sebuah belanjaan. Dalam menulis skrip kalkulasi adalah bijak untuk menggunakan bantuan komentar. Untuk contoh kali ini diberi nama kalkulasi.php :



Memformat Angka
Meski kalkulator sudah praktis, tapi tetap saja bermasalah : dimana anda tidak dapat memasukkan sebuah pembayaran bulanan $10.833333 . Sehingga kita harus memformatnya. Terdapat dua fungsi yang disediakan untuk ini. Pertama, round() (terbagi atas dia yaitu ceil() pembulatan ke atas dan floor() pembulatan kebawah) , Round adalah nilai untuk nomor spesifik pada tempat desimal. Argumen pertama adalah agak angka dapat dibulatkan. Argumen kedua adalah pilihan yang dapat tentukan sendiri jumlah pembulatan bilangannya. Saat anda mengabaikanny, maka nilai default ang akan diberikan adalah pembulatan ke integer terdekat. Contoh:

round(4.30); //4
round(4.289, 2); // 4.29
$num=236.26985;
round ($num); //236

Fungsi lain yang dapat anda gunakan untuk situasi ini adalah NUMBER_FORMAT(). Cara kerjanya seperti round hanya saja lebih spesifik. Fungsi ini telah dimafaatkan untuk memformat angka dengan koma, seperti :

number_format(428.4959, 2); //428.50
number_format(428, 2) //428.00
number_format(123456789); //123,456,789

Contoh kali ini kita akan mencoba menyempurnakan kalkulasi.php :
 


Yang harus diutamakan (Precedence)
Precedence berhubungan dengan perintah mana yang harus dieksekusi terlebih dahulu. Contoh, Nilai apa yang mengikuti variabel?

$number=10-4/2;

Apakah $number bernilai 3 (10 dikurang 4 samadengan 6, dibagi 2 samadengan 3) atau 8 (4 dibagi 2 samadengan 2, kemudian 10 dikurang 2 samadengan 4)? Jawabannya dalah 8, karena pembagian harus lebih diutamakan (precedence) dibandingkan pengurangan.
Dalam perhitungan pendek tertulis anda bisa menggunakan tanda kurung. Tanda kurung selalu dapat menjadikan satu operasi lebih utama dari yang lain. contoh :

$number=(10-4)/2; // 3
$number=10-(4/2); //8

Selain itu penggunaan tanda kurung dapat menghemat penulisan suatu script yang kompleks.
contoh masih menggunakan kalkulasi.php :



Peningkatan dan Pengurangan nilai
Ketika anda perlu meningkatkan nilai dari sebuh variabel anda dapat menggunakan cara yang lebih profesional dan tidak biasa dengan hanya menggunakan ($var="$var+1";) yaitu dengan menggunakan ++ dan --, berturut-turut :

$var=20; // 20
$var++; //21
$var++; // 22
$var--; // 21

PHP juga mendukung kombinasi matematika dan tugas operator. Seperti +=, -=, *=, dan /=. Contoh nilai dari suatu variabel adalah 5 :

$num=$num+5;
$num +=5;
sehingg :
$tax=$_POST ['tax']; // berarti, 5
$tax /=100; // sekarang $tax adalah .05
$tax+=1; //maka nilainya sekarang adalah 1.05


Menggunakan Angka Random
rand() adalah sebuah fungsi yang dapat anda gunakan unruk membuat sebuah angka secara random. Semua yang dilakukannya adalah mengeluarkan angka random :

$n=rand(); // 31
$n=rand(); // 87

fungsi rand() juga dapat mengambil parameter minimum dan maksimum, dimana anda dapat membatasi penggunaan angka lebih spesifik: 
$n=rand (0, 10);
Pada kasus ini, 0 dan 10 adalah kemungkinan yang berubah menjadi sebuah nilai. 
Contoh kali ini kita akan mencoba membuat permainan 'Hari Keberuntungan' :



0 comments :

Posting Komentar