Kamis, 05 April 2012


Menyimpan dan mengetes file PHP


Bagi pengguna windows harus terlebih dahulu menginstal IIS atau XAMPP (disini kita menggunakan xampp), script yang telah dibuat. Kemudian script yang telah dibuat disimpan dalam C:\xampp\htdocs\file.php, kemudian untuk menampilkannya, pada web browser diketikkan http://localhost/file.php dan halaman dari script yang telah anda buat akan ditampilkan

Jika web browser hanya menampilkan script PHP atau halaman kosong, artinya :
- anda tidak mengakses script PHP menggunakan URL, atau alamat tidak dimulai dengan http
- PHP tidak sedang terproses pada sebuah server

Jika web browser hanya menampilkan not found yang bisa berarti error, bisa berarti :
-anda memasukkan URL yang salah
- script PHP tidak berada pada direktori yang benar
- script PHP memiliki nama atau eksistensi yang salah


Mengirim HTML ke browser

  • Buat script PHP pada text editor. Contoh kali ini, kita akan mencoba menggunakan salah satu fungsi PHP yaitu menampilkan default tanggal, selain dengan perintah 'printf' yang digunakan untuk menampilkan pesan teks sederhana pada halaman web :
  • Simpan dengan eksistensi .php ke dalam file server anda.
  • Lalu jalankan pada browser dan akan tampak seperti ini :
  • Lihat sumber halamat HTML untuk melihat kode yang telah dikirimkan ke browser (klik kanan -> lihat sumber halaman) . Disini anda tidak akan mendapati satupun script PHP yang telah anda buat. Semua script PHP itu telah di terjemahkan ke dalam script HTML sehingga yang nampak pada sumber halaman itu adalah script HTML anda hasil terjemahan mesin PHP.



Menambahkan komentar pada script

"Komentar" adalah integral dalam program. Meskipun tidak akan mempengaruhi ataupun menampilkan apapun, tetapi komentar sangat penting untuk membantu anda mengingat untuk apa anda membuat suatu fungsi pada script. Komputer akan mengabaikan komentar-komentar anda saat memproses script. Sehingga komentar itu hanya akan menjadi rahasia si pembuat program saja. Ada tiga cara untuk menambahkan komentar :
a. // ini adalah komentar
b. # ini adalah komentar hastag
c. /* ini adalah komentar multi line */
contoh :

0 comments :

Posting Komentar