FORM

Kamis, 12 April 2012


Form adalah unit pokok pada web site sekarang ini, memberikan fitur untuk registrasi dan sistem login, kemampuan untuk mencari, dan belanja online. Bahkan sebuah site paling sederhana sekalipun, kita dapat menemukan alasan logis untuk memasukkan form HTML. Dan dengan PHP, akan sangat begitu mudah untuk menerima dan menangani data untuk menghasilkannya

Membuat Form Sederhana


Form menggunakan tag pembuka <form> dan penutup </form>.  Semua elemen form harus berada di antara kedua tag tersebut. Tag pembuka form juga berisi beberapa atribut seperti :
1. Method : atribut ini memberitahukan server bagaiman mengirimkan data dari form ke script yang    bersangkutan

  • Post : mengirimkan informasi dari form secara tidak terlihat pada address bar kepada user.
  • Get : sebaliknya dari method post, method ini mengirimkan semua informasi sepanjang bagian dari URL pada address bar. Permintaan GET digunakan saat meminta informasi dari server, sehingga hampir semua mesin pencari menggunakan GET

untuk memutuskan method apa yang harus digunakan, ada baiknya untuk memperhatikan hal-hal berikut :
a. Dengan method GET, sejumlah data yang terbilang rahasia dapat terlewati
b. Method GET mengirim data ke script yang bersangkutan secara global untuk publisitas
c. Halaman yang menggunakan method get dapat ter-tag, tapi tidak dengan post
d. User akan lebih cepat saat berusaha mereload halaman via post, tapi tidak akan begitu cepat untuk mengakses halaman via get.

2. Action : elemen ini akan mengindikasikan halaman dinama formulir harus di kirimkan

3. Input :

  • Text : kotak ini menerima karakter (default) sebanyak satu baris
  • Password : menerima data karakter yang tidak akan ditampilkan karena kebutuhan masukan password yang bersifat rahasia
  •  Checkbox : menerima input pilihan dimana pilihan tersebut bisa lebih dari satu, dimana setiap pilihannya harus memiliki nama (attribute name) yang berbeda
  • Radio : menerima input data pilihan dimana pilihan tersebut hanya boleh ada satu, dengan nama (attribute name) yang sama untuk setiap pilihannya
  • Text Area : hampir sama dengan 'text' hanya saja text area ini tersedia untuk teks denga ukuran yang lebih berasan
  • Button : digunakan untuk melakukan aksi pada even tertentu saat tolmbol di klik. Terdapat 4 varian untuk input jenis ini, yakni :

a. Submit : berfungsi untuk memanggil url yang sudah didefinisikan di atribut action
b. Reset : Berfungsi mengosongkan nilai semua elemen yang ada di form dan mengembalikannya ke halaman semula (kosong)
c. Button : berfungsi membuat form lebih interaktif dengan memanggil script lain
d. Image : menggunakan gambar sebagai pengganti tombol
-  combobox : menerima input pilihan dimana pilihan tersebut hanya boleh satu, hampir sama dengan radio hanya saja pilihan diberikan dalam bentuk list. Input ini menggunakan 2 pasangan tag yaitu <select> dan <option> dimana option berada di antara tag pembuka dan penutup select.



dalam contoh ini, kita bisa menyimpannya dengan eksistensi .html atau .htm . Karena hanyalah sebuah script HTML dasar. Tidak masalah menyimpannya dengan eksistensi .php, tapi tanpa tag <?php dan ?> maka yang akan tampil pada browser nanti tetaplah sepenuhnya script html. Hasilnya akan tampak seperti ini :



Menerima data dari PHP

Untuk dapat mengambil input data dari user, anda perlu menuliskan scipt PHP terlebih dahulu yang kemudian akan menerima dan memproses kiriman data.
Pada script dasar HTML, anda dapat menggunakan method get ataupun post sebagai suatu atribut. Namun dalam html anda perlu menuliskannya ke dalam sebuah bentuk variabel ($_POST atau $_GET). Perlu diingat bahwa variabel ini adalah array, dimana untuk mengakses nilai spesifik anda harus mengarah kepada kunci (index) dari array.

print $_POST['something'];

Beberapa masalah yang sering muncul adalah tanda kutip yang berada disekitar 'key' dapat memunculkan pesan  error. Untuk mengatasi hal itu, ada beberapa cara yang dapat digunakan. Seperti menggunakan array method sebagai elemen dari suatu variabel :

$nama=$_POST['sesuatu'];
print("Terima kasih, $nama atas kedatangan anda");

contoh disini kita menggunakan script dasar di atas, setelah di submit maka halaman ayng akan muncul adalah :







0 comments :

Posting Komentar